Dana Pensiun

Sifat dan ciri dana pensiun

rencana pensiun adalah untuk membentuk dana yang terpisah selama bertahun-tahun produktif seorang pegawai sehingga saat pensiun dana dan pendapatan dari investasi dana tersebut dapat dikembalikan kepada pegawai sebagai pengganti yang di peroleh tanggung jawab utama untuk membentuk dana yang terpisah berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan perubahan situasi ekonomi.

ilustrasi_bank_31

Masalah Akuntansi untuk program pensiun dengan tunjangan tetap

Program pensiun adalah program yang mengupayakan manfaat pensiun bagi peserta. Menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 1992, program pensiun terdiri dari tiga golonganketiga program tersebut mempunyai kehususan masing-masing, yaitu :

  1. Program pensiun iuran pasti, program pensiun yang iurannya ditetapkan dalam peraturan dana pensiun dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing peserta sebagai manfaat pensiun. formula yang digunakan :
    1. Money Purchase Plan
    2. Saving Plan
  2. Program Pensiun Manfaat Pasti, program pensiun yang manfaatnya diterapkan dalam peraturan dana pensiun, atau program pensiun lain yang bukan merupakan program pensiun iuran pasti.
  3. Program Pensiun Berdasarkan Keuntungan, program pensiun iuran pasti, dengan iuran hanya dari pemberi kerja yang didasarkan pada rumus yang dikaitkan dengan keuntunganpemberi kerja.
  4. Program Pensiun Tunjangan Pasti, Program ini menetapkan jumlah tunjangan yang akan diterima karyawan pada saat pensiun

Akuntansi Untuk Pensiun

kewajiban pensiun pemberi kerja adalah kewajiban kompensasi yang ditangguhkan kepada para karyawannya atas jasa-jasa mereka menurut persyaratan dalam program pensiun, tetapi ada cara alternatif untuk mengukur kewajiban itu. Ukuran kewajiban pertama adalah tunjangan terjamin, dimana ini merupakan tunjangan yang berhak diterima karyawan sekalipun karyawan itu tidak memberikan jasa tambahan dalam program.

Dua masalah yg sering muncul dalam akuntansi pensiun adalah :

  1. Berapa jumlah kewajiban pemberi kerja dan berapa jumlah kewajiban pensiun yang harus dilaporkan dalam laporan keuangan.
  2. Berapa beban / biaya pensiun untuk periode tertentu.

Kewajiban pensiun (pension obligation) pemberi kerja adalah kewajiban kompensasi yang ditangguhkan kepada para karyawannya atas jasa-jasa mereka menurut persyaratan dalam program pensiun.

Jenis Ukuran kewajiban pensiun :

  • Berdasarkan pada tunjangan yang dijamin sepenuhnya kepada para karyawan
  • Berdasarkan perhitungan jumlah kompensasi yang ditangguhkan pada seluruh tahun masa kerja
  • Berdasarkan perhitungan jumlah kompensasi yang ditangguhkan atas masa kerja terjamin maupun tidak terjamin dengan menggunakan gaji masa depan.

 

Manfaat Pembiayaan Program Pensiun

pembiayaan program pensium umumnya dikenal dua cara yaitu:

  1. metode pas As You Go (Current Cost Method), Pemberi kerja hanya membiayai manfaat pensiun seorang karyawan atau peserta begitu diperlukan di luar gaji terakhir
  2. Metode Sistem Pendanaan (Funding System), Penghimpunan dana dilakukan agar dapat dipakai untuk pembayaran manfaat pada masa yang akan datang.
    • Single Premium Funding, Adalah biaya setiap program untuk suatu tahun tertentu ditentukan dengan faktor anuitas (Deffered Annuity Factors)untuk menetapkan nilai sekarang dari pensiun tahunan peserta setelah memperhitunkan masa kerja
    • Level Premium Funding, Adalah metode pendanaan yang dirancang untuk mrnghindari kenaikan biaya pensiun yang terjadi pada saat usia peserta semakin bertambah pada saat kenaikan gaji

 

Leave a comment