Menganalisis Usaha

Saya akan menganalisa wawancara yg kami lakukan pada post sebelumnya yaitu mewawancarai toko foto copy di dekat kampus kami. metode analisis yg saya pakai ialah metode SWOT (Strengths, Weakness, Oppurtunities, & Threats). Mari kita mulai.

fd44255b2fa906dab53f53215b3b59dcdce9985d

Strengths (kekuatan)

  1. Memiliki beberapa fasilitas yg baik untuk digunakan
  2. Mudah Dijangkau
  3. pelayanan Self Service
  4. Terbilang Murah

Weakness

  1. Tempat yg sempit
  2. Kurang nyaman berada di toko

Opportunity

  1. Pelayanan yg memudahkan
  2. memberikan fasilitas yg cepat bagi constumer (Seperti : kirim file via email untuk di print, pelayanan mengambil dari pagar)

Threat

  1. Banyaknya pesaing
  2. Kompititor lebih aggresive mencari costumer

Membuat Strategi

  1. Memperluas toko, agar terlihat lebih nyaman dan luas
  2. Peningkatan pelayanan
  3. menambah fasilitas bagi kostumer
  4. promosi
  5. menambah jasa yg dijual seperti cetak foto dll

Faktor Internal (Strength & weakness)

Untuk faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam terdiri dari dua poin yaitu kekuatan dan kelemahan. faktor internal dari analisis saya ialah :

  1. walaupun tempat yg sempit tetapi fasilitas yang diberikat cukup baik dari segi komputer dan printer memberikan kualitas output yang baik.
  2. kita dapat medapatkan jasa walaupun tidak ke toko bisa lewat email ataupun lewat pagar terdekat.

Faktor Eksternal (Opportunity & Threats)

Ini merupakan faktor dari luar entitas, di mana faktor ini tidak secara langsung terlibat pada apa yang sedang diteliti dan terdiri dari 2 poin yaitu ancaman dan peluang.

  1. Banyak pesaing disekitar toko, cara sel service tidak perlu mengantri merupakan metode yang baik untuk mengantisipasi pesaing tersebut
  2. menambah fasilitas komputer merupakan cara yg baik untuk meningkatkan pelayanan foto kopi tersebut.

Leave a comment