Saya akan menganalisa wawancara yg kami lakukan pada post sebelumnya yaitu mewawancarai toko foto copy di dekat kampus kami. metode analisis yg saya pakai ialah metode SWOT (Strengths, Weakness, Oppurtunities, & Threats). Mari kita mulai.
Strengths (kekuatan)
- Memiliki beberapa fasilitas yg baik untuk digunakan
- Mudah Dijangkau
- pelayanan Self Service
- Terbilang Murah
Weakness
- Tempat yg sempit
- Kurang nyaman berada di toko
Opportunity
- Pelayanan yg memudahkan
- memberikan fasilitas yg cepat bagi constumer (Seperti : kirim file via email untuk di print, pelayanan mengambil dari pagar)
Threat
- Banyaknya pesaing
- Kompititor lebih aggresive mencari costumer
Membuat Strategi
- Memperluas toko, agar terlihat lebih nyaman dan luas
- Peningkatan pelayanan
- menambah fasilitas bagi kostumer
- promosi
- menambah jasa yg dijual seperti cetak foto dll
Faktor Internal (Strength & weakness)
Untuk faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam terdiri dari dua poin yaitu kekuatan dan kelemahan. faktor internal dari analisis saya ialah :
- walaupun tempat yg sempit tetapi fasilitas yang diberikat cukup baik dari segi komputer dan printer memberikan kualitas output yang baik.
- kita dapat medapatkan jasa walaupun tidak ke toko bisa lewat email ataupun lewat pagar terdekat.
Faktor Eksternal (Opportunity & Threats)
Ini merupakan faktor dari luar entitas, di mana faktor ini tidak secara langsung terlibat pada apa yang sedang diteliti dan terdiri dari 2 poin yaitu ancaman dan peluang.
- Banyak pesaing disekitar toko, cara sel service tidak perlu mengantri merupakan metode yang baik untuk mengantisipasi pesaing tersebut
- menambah fasilitas komputer merupakan cara yg baik untuk meningkatkan pelayanan foto kopi tersebut.